Minggu, 17 Mei 2015

Thailand Part 2, Krabi yang murah dan tenang

Akhirnya ada mood lagi buat nulis. Setelah dari Phuket, kami menuju ke Krabi. Ada 2 alternatif mudah menuju sana. Cari aja travel agent, dan mereka akan menyediakan dua pilihan. Pertama dengan kapal cepat dan kedua dengan travel. Dua-duanya dijemput di hotelmasing-masing. Untuk kapal harga lebih mahal tapi lebih cepat karena padadasarnya Krabi terletak di seberangnya Phuket. Dua alternatif ini mayan mahal sih, kalau murah mungkin bisake terminal cari biskePhuket, terus sampai terminal entahlah naik apa sampai tujuannya. Karena saya dan teman-teman males sengsara yasudah pakai alterntif ini saja. Liburan jangan pelit ya, apalagi buat karyawan yang fakir cuti. Harus benar-benar memaksimalkan waktu.

Jam 7 kami dijemput. Tidak hanya kami yang dijemput. Banyak tourist juga. Jadi satu persatu dijemput,lumayanlah ikutan keliling Phuket. Sekitar jam setengah 9 kami tiba di pelabuhannya. Kemudian dibagi satu persatu tiket sesuati tujuan. Ada yang ke Krabi bagian Ao Nang, ada yang ke Railay Bay. Jika Anda suka yang tenag, banyak makanan halal, murah, suasana yang tenang silakan ke Ao Nang. Tapi jika ingin yang lebih entertaining maka ke Railay. Padahal sebenarnya kami juga belum ke Railay sih. Selama perjalanan menuju Krabi, pemandangannya sangat indah. Ternyata benar laut Andaman memang indah. Tapi sebenarnya lagi, Indonesia juga nggak kalah sih. Cuma sayangnya yang susah adalah masalah akomodasi. Dan satu hal lagi yang tidak boeh dilupakan selama di Thailand adalah tawar menawar. Apalagi di sini public transportasi sangat jarang.

Pemandangan menuju Krabi

Pemandangan Menuju Krabi

Dari pelabuhan ke penginapan, Ao Nang Beach Resort tidak begitu jauh. Kami naik bentor. Pertama mereka memberikan harga 100 baht per orang. Whats??? Kami ber-4 jadi 400 baht dong. Padahal jarak nggak begitu jauh. Akhirnya dengan gaya sok jual mahal dan sok tahu kalau jaraknya dekat, kami dapat 200 baht untuk semua penumpang satu bentor. Nggak papalah agak empet-empetan. Sesampai di Aonang beach resot, hmm agak ngak sesuai ekspektasi. Tapi kamarnya luas bangettttt ngettt ngettt. Cuma agak bau. Entahlah bau apa. Yang jelas di Thailand serin banget bau itu, khas lah baunya. Agak nggak nyaman.

Hari pertama rencananya sih eksplore-eksplore Krabi. Tapi karena agak capek apalagi habis bangun pagi tadi, jadi agak malas. Akhirnya cuma keliling-keling aja di Aonang. Pantainya standar sih, Mirip Sanur mungkin ya.  Makanan di sini lebih murah dan enak.Ada satu tempat makan restoran di atas laut. Harganya lumayan sih, nggak mahal nggak murah juga. Makanan khas sini asam pedas. Dan bagi yang muslim nggak usah khwatir di sini. Banyak makanan halal.

Jangan Lupa coba Nasi Gorang nanas

Di setiap negara yang dikunjungi sempatkan ke mcd untuk mengok menunya. Pie ini hanya di Thailand. Semacam Pastel sisinya Taro

Sunset di Ao Nang Beach

Tomyam-kas Thailand, ini nih resto yang masakannya enak

Satu lagi khas Thailand, rasanya asam lime dan pedas

Salah satu Cafe di Ao Nang. Jangan lupa cicipi Ice Thai Tea with Milk

Kalau mau yang lebih murah lagi (50-100 baht) ada di sepanjang jalan. Kalau dari Aonang Beach Resort jalan ke kanan terus aja, nanti nemu yang ramai-ramai. Bayak street food yang jual jajanan dan makan berat. Harganya bener-bener murah.

Hari kedua di Krabi, kami mencoba menjelajahi laut NAdaman yaitu ke phiphi island yang sangat terkenal itu. Kami beli paket di hotels2thailand.com karena darisemua provider ini yang paling murah dan kayaknya juga oke. Kalau nggak mau ribet tawar-tawaran beli dari sini aja. Kalau mau beli di sana langsung juga bisa, Banyak tur-tur variatif yang ditawarkan di sana. Saya nggak sempat tanya-tanya sih.

Phi Phi Tour

Jam 8 pagi kami dijemput untuk dibawa ke dermaga. Nggak hanya ke phiphi island, ada yang ke james bond beach, dkk.Untuk menuju ke phi phi island kami menaiki kapal cepat atau boat. Dan sayangnya hanya kami berempat yang bukan orang Thailand, sayangnya lagi muka kami mirip jadi dianggap orang Thailand. Sempet guidenya nyerocos bahasa Thailand terus sampai akhirnya kami interupd dan minta ditranslate ke english. Tour kami tidak hanya phi phi island, tapi ke lagoon, bamboo beach, monkey beach, dan Maya Bay yang sangat terkenal itu. Pantai-pantai di sini sangat bersih, ombaknya pun tenang jadi sangat nyaman untuk berenang, Oiya paet yang kam ambil juga include lunch jadi nggak perlu mikir makan apa nanti. Ada dua hal yang menarik, pertama kami sedikit akrab degan sekeluarga Thailand yang mana Bapaknya pernah ke Jakarta.Dan satu komentar dari dia, Macetnya naudzubillah. Bangkok juga macet tapi tidak seburuk Jakarta. Hihihihihihi. Dan yang kedua homo/gay di sana cukup terbuka, Di boat kami aja ada pasangan gay dan lesbian yang nggak sungkan sungkan untuk PDA. Hohohoho

Jam 5 kami dianter kembali ke penginapan masing-masing. Malem hari kami hanya jalan-jalan lagi menikmati malam terakhir di Krabi, dari ujung ke ujung. Untuk kali ini kamu mencoba jajanan-jajanan sana. Murah dan enak. Setelah kenyang kami kembali ke penginapan untuk istirahat karena besok kami harus terbang ke Bangkok.Satu hal yang saya suka dari hotel kami, di depan terdapat sebuah bar dan ada live music. Cuma di sini penikmatnya adalah orang-orang tua, keknya sih mereka menikmati masa tua dengan jalan-jalan, how lovely. Mereka asik menari bersama. Dan nampak masih bugar meski sudah tua. Tak lupa kami memesan taxi ke bandara di penginapan, harganya 600 baht, cukup mahal tapi kemarin sudah survey-survey hasilnya sama. Yasudah lah. untung dibagi 4.